• Uncategorized
  • 0

Infeksi Saluran Kemih Rentan Menyerang Wanita saat Haid

Infeksi Saluran Kemih Rentan Menyerang Wanita saat Haid -, keadaan lembab saat haid berpotensi menimbulkan infeksi di lokasi genital. infeksi saluran kemih juga rentan menyerang saat haid. mengapa factor ini bisa terjadi?

Adanya darah haid membuat bilangan mikroba buruk di area genital bertambah dikarenakan stadium keasaman pH juga bertambah. hal ini, kemudian mengundang vaginitas dengan pertanda gatal, iritasi, bau tidak sedap, sampai keputihan


Selain itu, lendir pembatas atau cairan mukus serviks untuk leher rahim juga berkurang sebab diluruhkan atau diencerkan supaya darah haid dapat mengalir keluar.

Pada saat haid, ekosistem bakteri di flora vagina— yg natural tumbuh berbagai type bakteri baik jahat ataupun baik—menjadi tidak seimbang. kesannya, jumlah bakteri jahat jadi lebih dominan.

Kontaminasi bakteri terus bisa terjadi pada keadaan retrograde menstruation siklus( dua arah).

Baca Juga : Cara Cepat Hamil Yang Ternyata Hanya Mitos

“Siklus dua arah terjadi jika sel darah atau jaringan yg mestinya terbuang ke vagina, bergerak serta ke leher uterus dan tuba falopi,” jelas dr. Liva Wijaya, SpOG, spesialis kedokteran obstetric dan ginekologi diwaktu ditemui di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Kondisi tersebut membuat mikroorganisme atau bakteri yg harusnya bergerak dari atas ke bawah jadi berbalik maka penyebaran bakteri jadi makin tinggi saat haid.

“Ini adalah salah satu penyebab sejumlah hal infeksi saluran kemih atau kelamin terjadi aaat haid,” tambahnya.

Oleh karena itu, dr Liva mengemukakan pada selalu menjaga kebersihan daerah feminin saat haid. Caranya, dgn ubah pembalut setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari keadaan lembab terhadap set intim wanita.

Jangan gegabah juga membersihkan organ genital dengan cara teratur dgn metode membasuhnya dari arah depan ke buntut, dan pastikan keadaannya kering saat selesai buang air besar.

Sekilas yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi tentang kesehtan terupdate  hanya di obat tuba falopi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *