Infeksi Menular Seksual yang Tidak Disadari

Infeksi Menular Seksual yang Tidak Disadari -, Tidak heran klamidia disebut diam penyakit. Setelah menganalisis data terbaru, Pusat Pengendalian Penyakit memperkirakan bahwa ada setidaknya satu di setiap 100 orang dewasa di AS menderita infeksi menular seksual.

Yaitu, sekitar 1,8 juta pasien dan hanya 1.4 menjadi tidak dilaporkan, sisa sekitar 400 ribu mungkin tidak tahu bahwa mereka menderita infeksi menular seksual.

Kemudian, bagaimana dengan Indonesia? Dengan data sistem nampaknya masih tidak memadai, mungkin ada banyak pasien yang tidak terdeteksi.

Baca Juga : Radang Panggul, Penyebab Sulit Hamil Yang Jarang Disadari

Selain itu, klamidia tidak selalu menunjukkan gejala-gejala yang jelas di awal. “Pada pria maupun wanita, klamidia dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Namun, gejala awal adalah gejala umum praktis, tidak,”kata Mary Jane Minkin, MD, Profesor Obstetri dan Ginekologi di Universitas Yale.

Jika terjadi gejala, biasanya muncul dalam waktu 1 sampai 3 minggu setelah eksposur. Pada wanita, bakteri ini awalnya menginfeksi serviks dan uretra.

Wanita dengan klamidia mungkin mengalami keputihan abnormal atau sensasi terbakar saat buang air kecil.

Jika infeksi menyebar dari leher rahim untuk tuba, rasa sakit dapat dirasakan di perut bagian bawah, sakit punggung, mual, demam, nyeri selama hubungan seksual (dispareunia), atau perdarahan antara haid. Chlamydial infeksi leher rahim dapat menyebar ke dubur.

Laki-laki dengan klamidia mungkin abnormal keluar dari penis atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Orang mungkin juga merasa terbakar dan gatal-gatal di sekitar pembukaan penis. Rasa sakit dan bengkak di testis adalah langka.

Klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, yang dapat merusak organ-organ reproduksi wanita. Meskipun gejala klamidia biasanya ringan atau absen, komplikasi serius dapat menyebabkan ireversibel kerusakan, termasuk infertilitas.

Transmisi

Klamidia dapat ditularkan selama seks vagina, anal, atau lisan. Klamidia juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat melahirkan setiap vagina.

Klamidia pada pria jarang berkembang menjadi serius, namun sangat berisiko ditransmisikan ke mitra.

Pada wanita, klamidia dapat menyebabkan panggul inflamasi. Ketika ini terjadi, kerusakan yang mungkin sudah terjadi sangat parah dan luas. Klamidia tidak diobati akan membuat Anda lebih rentan terhadap HIV.

Pencegahan

Orang-orang yang aktif secara seksual yang didorong pergi ke dokter, terutama bagi perempuan.

Gunakan keselamatan, terutama jika Anda tidak yakin pasanganmu ‘bersih’. Menjaga area pribadi Anda dengan hati-hati.

Pengobatan

Biasanya dokter menangani klamidia dengan antibiotik seperti doksisiklin (Vibramycin), azithromycin (Zithromax) dan ofloxacin (Floxin). Semua orang sudah kontak dengan klamidia, Anda harus meminta pasangannya melaksanakan pemeriksaan terlalu.

Sekilas yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi tentang kesehtan terupdate  hanya di obat herbal tuba falopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *