Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

cara menjaga kesehatan organ reproduksiAsal anda tahu cara menjaga kesehatan oragn reproduksi sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan. Reproduksi berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara umum. Di samping itu, dengan rajin merawat organ reproduksi, maka kita telah memberi peluang yang besar untuk berkembangnya generasi selanjutnya. Oleh sebab itu, mulai saat ini jangan remehkan dan jangan malas dalam merawat kesehatan reproduksi.

Berikut Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

  • Membersihkan Daerah Kewanitaan
  1. Membasuh secara teratur bagian vulva (bibir vagina) secara hati-hati menggunakan air bersih dan sabun yang lembut setiap habis buang air kecil, buang air besar, dan ketika mandi. Yang terpenting adalah membersihkan bekas keringat dan bakteri yang ada disekitar bibir vagina. Bagian dalam vagina biasanya akan mampu menjaga kebersihannya sendiri.
  2. Hindarilah penggunaan terlalu sering sabun antiseptik yang keras atau cairan pewangi untuk menghilangkan bau di daerah kewanitaan. Terlalu kerap membasuh vagina dengan cairan kimia (douching) dan penggunaan deodoran di sekitar vagina akan merusak keseimbangan organisme dan cairan vagina sehingga memungkinkan terjadinya infeksi pada vagina (vaginitis).
  • Menjaga Kebersihan Pada Masa Menstruasi

Untuk menampung darah menstruasi, wanita menggunakan pembalut. Pembalut itu perlu diganti sekitar empat sampai lima kali dalam sehari untuk menghindari pertumbuhan bakteri pada pembalut yang digunakan dan mencegah masuknya bakteri tersebut ke dalam vagina

  • Memilih Pakaian Dalam
  1. Bahan yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan katun sehingga dapat menyerap keringat dan membiarkan kulit bernapas. Selain itu, hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat karena selain gerah, juga menyebabkan peredaran darah tidak lancar.
  2. Kebersihan daerah kewanitaan juga bisa dijaga dengan sering mengganti pakaian dalam, paling tidak sehari dua kali setelah mandi; terutama bagi wanita aktif dan mudah berkeringat. Anda juga bisa menggunakan panty liners atau pembalut tipis sekali pakai untuk melapisi pakaian dalam.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi tentang kesehtan terupdate  hanya di obat herbal tuba fallopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *